4 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Okey... Sekarang Anda memutuskan untuk belajar bagaimana berbicara dalam bahasa Inggris. Ada banyak sumber pembelajaran On-line yang bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda. Dan inilah 4 langkah mudah yang harus Anda ketahui lebih dulu.


1.  Preparation (Persiapan)
Anda tidak perlu memulai dari awal jika Anda sudah memiliki gambaran yang tepat tentang kemampuan bahasa inggris (english skills) Anda sekarang. Cari tahu dimana kekurangan dan kelemahan Anda, kemudian tentukan apa yang perlu Anda pelajari. 

Setelah Anda tahu apa yang Anda butuhkan untuk belajar, maka yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar "apa-apa yang Anda perlukan untuk dipelajari", kemudian buatlah skala prioritas. Jika yang Anda perlukan sekarang adalah tentang "conversation" maka Anda fokuskan dulu kesitu dan tunda dulu untuk belajar "writing in english". Ambil sedikit waktu untuk menganalisa kenapa Anda ingin mempelajarinya dan manfaat apa yang bisa Anda dapatkan setelah Anda berhasil menguasainya. 
Akan lebih mudah jika anda belajar step-by-step, jadi Anda bisa fokus menguasai satu pembelajaran dan melangkah ke pembelajaran berikutnya setelah Anda bisa menetapkan target pembelajaran Anda.   


2.  Practice (Praktek)
Sekarang Anda sudah tahu apa yang ingin Anda pelajari. Gunakan search engine seperti Google atau Yahoo dan lakukan pencarian cepat pada topik yang Anda pilih. Dari situ Anda bisa menemukan situs-situs pembelajaran online yang menyediakan berbagai sumber pembelajaran Anda. Mungkin bisa berupa file e-book, file audio, file video, latihan, test ukur dan lain-lain, yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda. 


3. Use (Gunakan)
Alright! Sekarang Anda sudah siap dan penuh semangat. Anda sudah belajar apa yang Anda ingin pelajari. Mulailah untuk menggunakannya dalam berbagai kesempatan dan dalam berbagai situasi di kehidupan nyata. Praktekkan apa yang sudah anda pelajari pada teman maupun kenalan Anda. Gunakan social media secara bijak untuk melatih kemampuan Anda sekarang. Chat, forum, adalah tempat yang baik untuk mulai melatih kemampuan anda secara online. Dan ingat, selalu tanamkan ke diri Anda bahwa Anda berlatih untuk memahami dan tidak hanya mengetahui. Jadi, jangan pernah malu untuk bertanya pada orang lain yang sudah memahami lebih dulu.


4.  Evaluate (Evaluasi) 
Setelah Anda selesai belajar dan berlatih, ambillah waktu beberapa menit untuk duduk tenang dan mulailah mengevaluasi apa saja yang sudah Anda lakukan di hari ini. Apakah anda sudah mempelajari apa yang Anda butuhkan? Apakah Anda masih lemah pada beberapa point tertentu dari pembelajarannya?
Jika Anda memiliki tekad yang kuat untuk belajar bahasa inggris, maka Anda harus memperhatikan hal-hal tersebut. Mulailah membuat rencana sekarang dan mulai berlatih lagi besok.


Make sure to do these four steps everyday, and you will steadily see your skills progressing. So now... just go do it!*    

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : EFLLearners

English Learning Forign